Jumat, 16 Maret 2012

REVIEW SOTOJI : TASTE OF SOTO-J!

Diposting oleh kuinda di 17.09

Pernah makan soto? Soto instan? Nih, gue baru aja coba satu produk soto instan baru. Dan berikut ini review gue tentang soto jamur ini yang namanya Sotoji ini..




Sedikit bingung pas gue baca bungkusnya. Sotoji, Soto Jamur Instan. Rada mikir sih, ini pasti semacam produk bumbu soto instan, nggak jauh bedalah sama bumbu masak instan yang memang akhir-akhir ini gampang ditemui di pasaran. Tapi diluar dugaan, pas bungkusnya gue buka, ternyata ini Sotoji soto instan beneran, nggak cuma bumbu doang. Bener-bener konsep soto yang bagus, karena belum pernah ada soto instan yang instan-nya sampe ke bihunnya segala. 


Tapi kesan pertama, yang ada malah image soto instan-nya luntur. Setelah dibuka, Sotoji justru terkesan seperti mie instan rasa soto jamur, dan bukannya soto jamur instan. Bihun yang seharusnya jadi bahan pelengkap soto, justru lebih mendominasi dan jadi fokus utama, ini dia yang bikin Sotoji ini lebih terlihat seperti varian mie instan.
Setelah dibuka bungkusnya, udah jelas dimasak dong. Nah, di bungkus Sotoji kita semua diperintahkan untuk merebus bihun beserta jamurnya selama dua menit. Bihun, okelah dua menit kelar, dua menit empuk. Tapi jamurnya? Sampai empat menit nunggu rebusan jamur itu doang, tapi setelah dicubit-cubit, si jamur tak kunjung empuk. Apalah arti menunggu jika jamur tak kunjung empuuuk- Raisa, Apalah Arti Jamur . Sempet bingung, jamur tiram bukannya empuk ya? Ini nunggu jamurnya empuk atau emang jamurnya rada kering-alot begini? Dengan segala kegalauan yang mendalam, biar pun nggak empuk, akhirnya itu jamur gue tuang ke mangkok campur sama bumbu, kuah, dan bihunnya. Dan begitu simpelnya, sampe akhirnya Sotoji siap dihidangkan.
Aromanya menggoda, bener-bener aroma khas soto. Sendok demi sendok Sotoji masuk ke dalam mulut. Pertama yang bikin salut adalah jeruk nipis yang terasa banget, entah itu beneran ada jeruk nipisnya atau enggak, yang jelas rasanya jeruk nipis banget. Kuahnya mantap. Nyokap yang ikut nyicip sedikit, ikut-ikutan komen kalau rasanya rada mirip soto Madura. Kata nyokap, soto ini rasanya seperti ada santannya, yang jadi ciri khas soto Madura juga. Tapi lagi-lagi, pas makan gue dihadang problema yang sama seperti pas masak tadi: Jamur. Jamurnya alot, keras. Mungkin karena terlalu heboh ngeringinnya. Dan lagi, itu jamur masih mengelurkan bau apek khas jamur. Seharusnya kan kalau udah direbus, jamur bisa empuk dan nggak bau jamur lagi. Karena masih setengah porsi, gue lanjut makan lagi. Belum juga habis, tapi tiba-tiba perut gue terasa kenyang. Jujur menurut gue porsi bihun kebanyakan, entah menurut orang lain, kan tiap orang beda-beda kapasitas perutnya.
Sotoji udah enak, terlepas dari jamur alot dan apeknya. Tapi yang paling disayangkan adalah kurangnya pelengkap yang krispi-krispi. Biasanya kalau di warung soto, itu pasti sotonya ada bawang gorengnya, kerupuk, atau malah keripik kentang. Sedangkan di Sotoji ini nggak ada sesuatu yang krispi. Kepikiran sih, apa emang jamurnya sengaja dibikin alot untuk menggantikan bawang goreng atau keripik kentang? Kalau memang jamur tiram gorengnya sengaja dibikin sebagai additional, dan bukan sebagai main, seharusnya sih nggak usah pake direbus segala. Bisa aja dibikin jamur krispi kan?

 adek gue yang dengan lahapnya ikutan nyicipin Sotoji

Tentang bungkus Sotoji, udah lumayan bagus tapi kurang menarik minat pembeli. Bungkusnya terlalu kedodoran untuk bihun dan bumbu-bumbu di dalamnya, mungkin bungkusnya bisa dibikin lebih singset lagi. Gambarnya sotonya kurang menarik, juga  terkesan nge-blur. Bahan bahan yang dicantumkan juga kurang jelas sehingga sedikit bikin ragu. Tepiannya kurang kuat dan mudah banget robek, dikhawatirkan bisa-bisa itu bungkusnya udah rusak duluan sebelum sampe ke tangan konsumen.
Sekian komentar gue. Tulisan ini semata-semata cuma buat me-review produk Sotoji, dan bukannya men-judge atau ngasih komen yang jelek-jelek. Tapi jujur, Sotoji enak, cuma kurang sedikit sempurna.  Semua ini cuma dari pandangan gue, dari kacamata gue. Semoga kritikan gue bersifat membangun, karena niat gue adalah ngasih kritik yang membangun. Semoga Sotoji bisa menjadi produk unggulan yang bisa sampai ekspor ke mancanegara, kan bisa sekalian mengenalkan kepada dunia kalau kuliner tradisional Indonesia itu nggak kalah mantap, Man!

0 komentar:

 

chicken monster Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review