Rabu, 28 Maret 2012

Now Trending: Twitter dan Bahasa Anehnya

Diposting oleh kuinda di 22.39

Sekarang ya, yang namanya media sosial itu banyak banget jumlahnya, sekaligus aneh-aneh aplikasinya. Ya Facebook lah, Twitter lah, Google+, You Tube , macem-macem domain blog mulai dari Blogspot sampe Wordpress, dan ternyata masih banyak lagi media sosial yang ngantri di belakang nama-nama itu. So waw!
sumber gambar: http://www.prlog.org

Tapi di antara media sosial yang bejibun itu, satu yang paling gue demen yaitu Twitter. Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan—itu yang gue kutip di Wikipedia. Sedangkan menurut gue sendiri Twitter adalah media sosial sekaligus media curhat yang paling simpel—cuma 140 karakter, paling gampang aksesnya, dan terbebas dari orang-orang 4LaY yang kebanyakan ada di Facebook.
Yang gue cintai dari Twitter adalah.. pertama kaum 4LaY jarang bisa pake dengan bener, otomatis mata gue pun nggak ikut rusak ngeliat status yang sebenernya lebih pantes jadi password. Kedua, Twitter itu simpel karena penggunanya dipaksa bikin status yang nggak lebih dari 140 kalimat, ya kan biar nggak capek bacanya. Ketiga, akses Twitter lumayan gampang karena beberapa provider telepon seluler punya paketan khusus Twitter juga. Keempat, yang gue anggep paling unik dari Twitter adalah penggunanya yang sering pake bahasa aneh tapi tetep kedengeran enak, gampang dibaca, dan nggak 4LaY. That’s why gue makin demen Twitter so much—bahasa Inggris apaan nih!?

 gue di twitter @kuindaa

Oke, gue emang baru di Twitter, update status jarang, dan eksis juga kagak. Nggak masalah gue katro, gue ndeso, gue aneh, asalkan gue nggak 4LaY. Tapi katro-katro begini, juga sering mengamati fenomena apa di Twitter, bahasa aneh apa lagi yang muncul, dan trending topic sekarang apa.
Nah, tentang bahasa aneh—yang sekaligus diklaim sebagai bahasa gaul—di Twitter, ada beberapa kata yang jadi favorit gue. Kata-kata yang sebenernya bikin rada bingung sih, nyeleweng dari arti atau malah nggak ada artinya, terlalu absurd juga. Ah, gapapa sih asal jangan huruf gede kecil diselip-selipin angka sama karakter, hehe. Berikut ini kata-kata aneh di Twitter yang paling gue suka sekaligus sempat jadi trending topic:

Kamseupay

Kata ini pertama dipopulerkan oleh Bunda Marissa Haque pas ngobrol di timeline sama temennya. Kamseupay ternyata singkatan buat ngata-ngatain orang dalam empat kata sekaligus: kampungan sekali, udik, payah. Wuuh mak jleb deh itu tiga makian sekali bacot, croot deh itu yang dikatain. Demen banget sama kata satu ini, mau ngatain orang aja nggak pake belibet, simpel dan pas banget buat Twitter yang cuma muat 140 karakter. Mungkin aja suatu saat nanti akronim kamseupay bisa disahkan jadi akronim bahasa Indonesia yang resmi—loh?

Kowawa

Awalnya gue nggak tahu arti kata kowawa. Rada bingung dan penasaran juga pas dengernya, dan kowawa entah kenapa selalu diikuti emot ini \(´`)/. Gue coba googling deh itu kowawa, dan ketemu di ArwudaIndonesia (Social Media Agency). Di blog Arwuda Indonesia itu ada penjelasan tentang kata kowawa yang ternyata  nggak punya arti apa-apa, kowawa sih cuma kata iseng doang. Tapi meskipun masuk ke dalam golongan kata yang nggak terdefinisi, kowawa ini bisa jadi ungkapan ekspresi bahagia. Mumpung lagi bahagia, gue mau teriak KOWAWA \(´`)/

PHP

Singkatan macam begini nggak cuma ada di bahasa pemrogaman, di Twitter juga ada, Cuy. Artinya lebih keren pisan, Pemberi Harapan Palsu. Jujur gue suka akronim ini karena daridulu gue di-PHP-in mulu, maka setelah kemunculan kata ini dari alam kubur—eh?—gue makin demen deh ngetwit pake akronim ini, nggak langsung nyebut nama orangnya, haha—bisa dilabrak gue. Entah siapa yang mulai duluan pake akronim ini, yang jelas doi pasti kreatif banget dan masa lalunya pasti juga buruk banget.

Hoax

Setau gue kata ‘hoax’ artinya bohong, yang kayanya diambil dari film America The Hoax. Kalo bahasa Inggris istilah Hoax artinya cerita bohong. Kayanya sih dulu Cuma Amerika doang yang pake istilah Hoax, terus barulah semua di muka bumi mulai ikut-ikutan pake istilah Hoax.  Yang gue demen dari istilah ini adalah artinya, bohong. Bukan karena gue suka bohong, tapi kedengerannya kan lebih elit dikit pake Hoax daripada bilang boong.

Sesuatu

Kata yang dipopulerkan Teteh Syahrini emang  jadi trend di dunia nyata dan dunia maya sekaligus. Sebenernya kata ‘sesuatu’ itu emang ada di Kamus Besar Bahasa Indonesia, cuma karena Teh Syahrini bilang ‘sesuatu’ dengan nada yang gimana gitu, maka ‘sesuatu’ seakan langsung buming.  Karena kata ini multi banget, bisa dipake dalam segala macam kondisi, kepada siapapun dan dimanapun, banyak deh yang demen pake ‘sesuatu’, termasuk gue juga kali ya. 

Woles

Kyupuuu. Ini nih satu lagi yang gue yang gue suka. Woles! Sebenernya sih ini arti kata Selow yang dibalik, tapi dari segi arti ‘woles’ tetep sama aja kok sama Selow, bukan kebalikannya. Eh, pada tau nggak artinya selow? Kamseupay deh kalo enggak tahu, haha. Selow ya slow, nyantai.

Sebenernya sih masih banyak bahasa aneh di Twitter lainnya, cuma ini gue butuh istirahat. Oh ya, postingan ini adalah aspirasi gue sekaligus buat ikutan lomba blog Arwuda Indonesia (Social Media Agency).
 
Udah ah, sampe di sini aja postingan gue. Gue minta maaf kalau ada pembaca yang kaum 4LaY dan tersinggung sama kata-kata gue yang rada ngerendahin kaum 4LaY. Woles, Man, sebenernya gue nggak maksud nge-judge atau apa, jadi 4LaY itu pilihan sih, dan gue nggak bisa maksa atau ngelarang siapapun buat jadi 4LaY. Tapi bentar deh, ini saran sekaligus pertanyaan dari gue.. bisa nggak, nggak usah ngerusak EYD?
Sekian. Terimakasih. Peluk ciyum hanya untuk pembaca :*




foto gue nih, syarat lomba blog 



0 komentar:

 

chicken monster Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review